Rabu, 09 Juli 2014

Definisi gate Valve ,Kelebihan dan Keuntungan Menggunakan Gate Valve

Malam teman-teman pada malam yang lumayan panas ini(maklum di kota) saya mau bahas salah satu jenis Valve nih, yaitu Gate Valve cara mudahnya Gate dalam bahasa indonesia berarti pintu, jadi gampangannya gate valve adalah jenis valve yang cara kerjanya hampir seperti pintu hehehe.. :)

Secara lebih detail maka ini lah definisinya teman..

Gate valve adalah jenis katup yang digunakan untuk membuka aliran dengan cara mengangkat gerbang penutup nya yang berbentuk bulat atau persegi panjang.

Gate Valve adalah jenis valve yang paling sering dipakai dalam sistem perpipaan. Yang fungsinya untuk membuka dan menutup aliran.

Gate valve tidak untuk mengatur besar kecil laju suatu aliran fluida dengan cara membuka setengah atau seperempat posisinya, Jadi posisi gate pada valve ini harus benar benar terbuka (fully open) atau benar-benar tertutup (fully close). Jika posisi gate setengah terbuka maka akan terjadi turbulensi pada aliran tersebut dan turbulensi ini akan menyebabkan :


a. Akan terjadi pengikisan sudut-sudut gate.
Laju aliran fluida yg turbulensi ini dapat mengikis sudut-sudut gate yang dapat menyebabkan erosi dan pada akhirnya valve tidak dapat bekerja secara sempurna.

b. Terjadi perubahan pada posisi dudukan gerbang penutupnya.
Gerbang penutup akan terjadi pengayunan terhadap posisi dudukan (seat), sehingga lama kelamaan posisi nya akan berubah terhadap dudukan (seat) sehingga apabila valve menutup maka gerbang penutupnya tidak akan berada pada posisi yang tepat, sehingga bisa menyebabkan passing.

 
Ada 3 jenis gate valve:
  1. Rising Stem Gate Valve, jika dioperasikan handwheel naik dan stem juga naik
  2. Non Rising Stem Gate Valve, jika di opersikan handwheel tetap dan stem juga tetap.
  3. Outside Screw & Yoke Gate Valve, jika di operasikan handwheel tetap tapi stemnya naik.

Rising Stem & Non Rising Stem digunakan untuk tekanan yang tidak terlalu tinggi, dan tidak cocok untuk getaran. Outside Screw & Yoke Gate Valve amat cocok digunakan untuk high pressure. Biasanya OS & Y banyak di gunakan di lapangan minyak, medan yang tinggi, temperature tinggi. Karena pada OS & Y stem naik atau turun bisa dijadikan sebagai penanda. Contoh, apabila stem tinggi itu menandakan posisi valve sedang buka penuh. Pada dasarnya body & bonet pada gate terbuat dari bahan yang sama.

 
Keuntungan menggunakan Gate Valve :
  • Low pressure drop waktu buka penuh
  • Amat ketat dan cukup bagus waktu penutupan penuh
  • Bebas kontaminasi
  • Sebagai Gerbang penutupan penuh, sehingga tidak ada tekanan lagi. Cocok apabila akan melakukan service / perbaikan pada pipa

Kerugian menggunakan Gate Valve :
  • Tidak cocok di pakai untuk separuh buka, karena akan menimbulkan turbulensi sehingga bisa mengakibatkan erosi dan perubahan posisi gate pada dudukan
  • Untuk membuka dan menutup valve perlu waktu yang panjang dan memerlukan torsi / torque yang tinggi
  • Untuk ukuran 10 “ keatas tidak cocok dipakai untuk steam.

Gimana teman..?? walaupun sedikit tapi moga bermanfaat
Sekian dan Terimaksih

src
kitomaindonesia.com

0 komentar:

Posting Komentar

Subcribe Me